Friday 7 March 2014

Resiko bagi yang masih menggunakan Windows XP

Pada tanggal 8 April 2014 akan menjadi hari terakhir bagi sistem operasi windows XP karena perusahaan microsoft akan segera mempensiunkannya.
Melalui blog resminya pihak microsoft mengungkapkan, " mulai 8 Maret 2014 pengguna windows xp akan menerima update via mwindows update berupa notifikasi ofisial dilayar komputernya yang menginformsaikan bahwa windows xp akan berakhir pada tanggal 8 April 2014."
Selain menebar pesan terakhir, microsoft juga mengajak kepada para pengguna windows xp untuk lebih memahami lagi resiko yang akan mereka hadapi jika masih menggunakan windows xp, teruatama bagi para pengguna dari segmen korporasi.
Beberapa resikonya adalah :

1. Sebuah sistem operasi yang tidak lagi menerima dukungan security update yang memadai akan lebih rentan terhadap serangan Cyber yang dapat membahayakan bisnis dan informasi anda atau perusahaan.

2. Banyak terjadi permaslahan pada software karena software yang anda gunakan sudah tidak mendukung.

3. Dukungan tekhnis tidak akan tersedia secara Online atau melalui call center jika terjadi kegagalan atau juga Downtime karena microsoft sudah tidak lagi bertanggung jawab atas windows xp.

4. Biaya operasi dengan hardware dan software windows xp untuk kedepannya mungkin akan memberatkan biaya perawatan anda dan akan membatasi kinerja karyawan untuk konsumen segmen korporasi.

5. Ketika aplikasi bisnis yang anda gunakan mengalami crash atau beroperasi secara abnormal, maka anda tidak dapat mengajukan dan mendapatkan bantuan dari pihak microsoft.

Selain itu, menurut pantauan pakar keamanan dari SANS Institute Jasson Fossen, para peretas diseluruh dunia saat ini juga diduga sedang mengumpulkan informasi terkait celah celah keamanan di windows xp untuk segera dimanfaatkan ketika sistem operasi tersebut tidak lagi didukung oleh perusahaan microsoft.



No comments:

Post a Comment